Langkah langkah membangun brand

 

Langkah langkah membangun brand

Branding bukanlah sekedar nama dan logo, melainkan semua aspek yang dirasakan oleh masyarakat hingga konsumen.


Langkah awal membangun brand :


1. Cari tahu target pasar dan kompetitor

(Dengan mengetahui target pasar, nantinya akan memudahkan dalam proses branding )


2. Belajar dari brand kompetitor

  • pelajari logo kompetitor
  • ketahui diferensiasi kompetitor
  • pahami pelayanan dari kompetitor


3. Tentukan keunikan brand

  • merumuskan keunikan brand atau diferensiasi yang dilakukan dengan USP(Unique Selling Point) Dan UVP (Unique Value proposition)


4. Angap brand seolah seperti manusia 

  • Tentukan kepribadian brand
  • gunakan kepribadian dalam semua kegiatan
  • (misal brand ini ditujukan untuk laki laki atau perempuan, untuk wanita karir atau rumah tangga, dll. Tentukan warna yang cocok menggambarkan kepribadian brand, bagaimana menyampaikan konten, menyesuaikan dengan individu yang menjadi target)


5. Bangun pesan brand dengan melibatkan emosi

  • pikirkan kisah untuk menceritakan brand
  •  ibaratkan brand memiliki cerita dengan konflik yang perlu diselesaikan 
  •  sentuh sisi emosional audiens dengan memahami poin poin masalah yang dihadapi
  • sampaikan jika brand kamu hadir sebagai solusi masalah tersebut 


6. Tentukan nama brand

  • nama brand berpengaruh pada bisnis
  • komitmen yang harus diterapkan sejak awal
  • nama Brand berpengaruh pada elemen brending lain seperti logo, nama website, pendaftaran merek dagang , maka buatlah nama yang unik, mudah diingat dan berbeda dengan kompetitor.


7. Membuat tagline dan logo


8. Kembangkan brand

  • lakukan perubahan secara cepat menyesuaikan konsumen


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak