Apa nama alat seperti headset yang digunakan penyanyi saat konser

In ear monitor


Pasti dari kalian yang membaca artikel ini sedang bertanya tanya apa nama alat yang digunakan penyanyi ataupun pemain Band saat konser Mirip headset seperti gambar diatas. Kalian tepat sekali membaca artikel ini, Karena pada artikel ini akan dibahas mulai dari pengertian, kegunaan, harga dan sebagainya. Oleh karena itu silahkan baca artikel ini sampai selesai.


Apa nama alat mirip headset yang digunakan saat konser?

In Ear Monitor atau disingkat (IEM) merupakan perangkat yang bentuknya mirip dengan earbuds atau alat bantu pendengaran. Alat ini sekilas mirip dengan headset bluetooth ataupun earbuds, tapi tentunya sangat beda sekali. Alat ini memiliki pemancar (transmitter) dan penerima (receiver). Pemancar ini memperkuat suara di dalam telinga selain itu Pemancar juga mengirimkan sinyal suara yang akan diterima oleh receiver yang terhubung dengan IEM. 

Alat ini disebut sebagai monitor karena pada awalnya dibuat untuk musisi dan artis untuk mengkombinasikan sumber audio di tempat yang berbeda atau untuk mengurangi suara noise dan kebisingan penonton agar suara lebih jelas. Selain itu bisa juga seorang pemain band akan mendengarkan campuran berbagai instrumen dan vokal yang akan langsung masuk ke IEMnya. Mereka juga digunakan oleh penyanyi untuk mendengarkan trek instrument saat merekam vokal. Artis dan personel media biasanya memiliki IEM yang disesuaikan secara khusus dengan bentuk telinga mereka agar nyaman saat digunakan.

In ear monitor IEM


Intinya IEM atau In Ear Monitor ini digunakan agar suara jauh di bawah batas yang dapat merusak pendengaran sang penyanyi, dan kualitasnya juga jauh lebih tinggi. Sehingga, penyanyi dapat bernyanyi dengan selaras dan band juga bisa menyajikan performa yang lebih baik.


Meski harganya IEM yang kualitasnya cukup bagus harganya mahal. Tapi alat ini dapat kita gunakan juga untuk mendengarkan musik ataupun penganti airbuds karena dapat mendengarkan audio dengan kualitas yang bagus, bass, dan frekuensi yang nyaman.


Untuk jenis In Ear Monitor ada dua, yaitu IEM yang masih pakai kabel dan IEM yang sudah wireless, tentu dari segi fleksibilitas dan kualitas juga berbeda, meski IEM versi wireless sangat fleksibel karena tanpa kabel, tapi tentunya suara yang dihasilkan kalah jernih dibandingkan dengan IEM yang jenis kabel. 


Saat ini IEM atau In Ear Monitor sangat mudah sekali untuk ditemukan, mulai di toko alat musik, ataupun di toko online. Berikut ada beberapa rekomendasi dari updateku_myid IEM dari harga yang cukup terjangkau, hingga IEM dengan kualitas terbaik dan tentunya paling mahal.


Kalian bisa membelinya IEM langsung melalu Tokopedia :


1. Jcally in ear monitor earphone gaming kabel harga sekitar 80rb

https://tokopedia.link/gKbKeev9Sub


2. CCA CRA in ear monitor harga sekitar 100rb

https://tokopedia.link/qIgMI4E9Sub


3. KZ EDA in ear monitor with mic harga sekitar 250rb

https://tokopedia.link/qIgMI4E9Sub


4. Knowledge zenith zs10 in ear monitor jatah sekitar 400rb

https://tokopedia.link/iZXTDyA9Sub


Itulah penjelasan mengenai apa itu in ear monitor atau yang sering disebut IEM, semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang meluangkan waktu membaca artikel ini untuk menambah wawasan kalian. Terimakasih.





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak