Cara membuat privacy policy pada blog

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara membuat privacy policy pada blog, baiknya kita mengenal apa itu privacy policy. Privacy policy adalah dokumen/halaman yang menjelaskan bagaimana blog yang Anda miliki atau yang Anda ikuti menggunakan, mengumpulkan, dan membagikan informasi yang dikumpulkan dari pelanggan. Privacy policy akan menjelaskan informasi apa yang Anda dapatkan, bagaimana informasi itu digunakan, dan bagaimana informasi itu dilindungi. Ini juga akan menjelaskan apakah informasi itu dibagikan dengan pihak ketiga. Privacy policy akan memberikan pelanggan/penggunaan kepercayaan bahwa informasi mereka aman.


Setelah tau mengenai privacy policy, selanjutnya kita akan membuat privacy policy, bisa diterapkan di platform blog apa saja seperti blogger maupun wordpress.


Cara membuat privacy policy pada blog :

1. Pertama-tama, pastikan Anda memiliki informasi yang benar tentang konten blog Anda. Ini akan membantu Anda menentukan kebijakan privasi yang tepat.


2. Buat daftar informasi yang Anda kumpulkan dan bagaimana Anda menggunakannya. Ini termasuk nama pengguna, alamat email, alamat IP, informasi dari cookie, dan lainnya.


3. Buat kebijakan privasi yang jelas, mudah dibaca, dan diakses. Berikan detail tentang informasi yang Anda kumpulkan, bagaimana dan untuk apa Anda menggunakannya, dan bagaimana Anda bertindak terhadap data Anda.


4. Buat link ke halaman kebijakan privasi Anda. Pastikan link tersebut mudah ditemukan, seperti di halaman utama, dan pastikan itu diklik oleh setiap orang yang mengunjungi blog Anda.


5. Pastikan untuk memperbarui kebijakan privasi jika ada perubahan dalam cara Anda mengumpulkan atau menggunakan informasi. Anda juga harus memberi tahu pengunjung jika Anda menjual blog Anda ke pembeli lain dan informasi yang dikumpulkan akan memiliki tujuan yang berbeda.


6. Pastikan untuk mematuhi hukum privasi yang berlaku di wilayah Anda. Jika Anda memiliki blog yang didedikasikan untuk anak-anak, Anda mungkin harus mematuhi hukum yang berlaku tentang privasi anak.


7. Jika memungkinkan, pastikan untuk memiliki pernyataan privasi yang ditandatangani oleh pengunjung blog Anda. Hal ini akan menunjukkan bahwa mereka telah membaca dan menyetujui kebijakan privasi Anda.


Nah itulah beberapa syarat untuk membuat privacy policy pada blog, kalian bisa menyusun sendiri sesuai dengan cara diatas. Atau jika kalian tidak ingin repot membuat privacy policy seperti diatas, kalian bisa menggunakan website Privacy policy generator seperti website ini https://www.privacypolicygenerator.info , caranya sangat simpel dan mudah tinggal ikuti setiap step nya, dan bisa kalian copy/download ke website kalian.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak