Bagian bagian pada NIK ktp dan nomor KK

 
Nik ktp Dan kk

 BAGIAN - BAGIAN PADA NIK

NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nik terdiri dari 16digit. 6 digit pertama yaitu mengidentifikasi wilayah mereka lahir, 6 digit selanjutnya yaitu mengidentifikasi tanggal,bulan dan tahun lahir, selanjutnya  4 digit terakhir, yaitu nomor urut registrasi/pembuatan nik . NIK mulai diberlakukan sejak tahun 2013, (sumber : http://disdukcapilmusirawas.org/sekilas-pandang-nomor-induk-kependuduka/ dan http://disdukcapil.tanahbumbukab.go.id/2019/11/tahukah-anda-apa-itu-nomor-induk.html?m=1 )

Contoh nik (nik ini hanya perkiraan saya, bukan punya orang lain) :


357809474908980001


6 digit pertama yaitu kode wilayah(2 digit = provinsi , 2 digit= kabupaten/kota , 2 digit= kecamatan ) 


Berarti : 

35 =Jawa timur 

78 = Surabaya

09 = kec. Gunbeng 

 kec. Gubeng, kota. Surabaya, prov. Jawa timur


6 digit selanjutnya yaitu tanggal lahir, terdiri dari 2 digit tanggal lahir, 2 digit bulan lahir, dan 2 digit tahun lahir. Catatan: jika tanggal lahir seorang perempuan maka tanggal lahirnya ditambah 40, misal tgl lahirnya 20 febriuari 2001 berarti 20+40= 60, 600201.


INDEFIKASI NIK DIATAS:

Jenis kelamin= perempuan, karena tgl lahirnya diatas/lebih dari 31, jika laki- laki tgl lahirnya dari tgl 1-31, jika perempuan dari 41-71.

Tgl lahir= 09

Bulan = 08

Tahun = 1998 = tanggal lahirnya yaitu 09-08-1998


4 digit dibelakang yaitu nomor registrasi atau urutan yang dibuat unik dari komputer.

NOMOR KK

 Nomor KK terdiri dari 16 digit dan penetapan Nomor ini dibuat dengan menggunakan kombinasi variabel kode wilayah, tanggal pencatatan dan juga nomor seri keluarga.

Apabila satu keluarga pindah ke tempat lain, maka KK yang disimpan di Kepala Keluarga dan di Ketua RT harus dibawa dan diserahkan ke Lurah di tempat tinggal yang baru, berdasarkan Surat Keterangan Pindah, Kartu Keluarga yang baru akan diberikan oleh Lurah.


BAGIAN BAGIAN NO KK

6 digit pertama adalah kode wilayah (2digit kode provinsi, 2 digit kode kabupaten/kota, 2digit kode kecamatan) . Kemudian 6 digit kedua merupakan tanggal perekaman (tanggal pencatatan, bulan,dan tahun pencatatan). 4 (empat) digit terakhir merupakan nomor urut penerbitan KK yang diproses secara otomatis dengan komputer. Nomor kk akan berubah/ganti jika warga tersebut berpindah kedudukan. 


Untuk mengetahui kode wilayah di Indonesia dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa. Bisa menggunakan website berikut: https://kodewilayah.id/


Untuk mencari kode wilayah desa/kelurahan ataupun mencari kode post wilayah, bisa menggunakan website berikut: https://m.nomor.net 


Sekian informasi mengenai nik dan nomor kk, semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.









Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak