Apa yang dimaksud komunikasi efektif

 

Pengertian komunikasi efektif apa yang dimaksud komunikasi efektif pengertian komunikasi efektif



KOMUNIKASI EFEKTIF


Komunikasi efektif adalah komunikasi yang bertujuan agar komunikan (pihak yang menerima pesan dalam sebuah proses komunikasi) dapat memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator ( pengirim/orang yang menyampaikan pesan dalam proses komunikasi ) agar komunikan memberikan umpan balik yang sesuai dengan pesan.


 Umpan balik yang sesuai dengan pesan tidak selalu berupa persetujuan. Komunikan dapat saja memberikan umpan balik berupa ketidak setujuan terhadap pesan, yang terpenting adalah pesan dapat dimengerti dengan benar oleh komunikan dan komunikator memeroleh umpan balik yang menandakan bahwa pesannya telah dimengerti oleh komunikan.  

 

 Secara sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Jika Anda mengatakan: " jangan buang sampah sembarangan ", maka orang yang mendengar akan memahami bahwa kalimat tersebut diartikan sebagai tindakan untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat, membuang sampah pada tempatnya, atau larangan membuang sampah sembarangan, maka komunikasi menjadi efektif sebab yang diinginkan oleh komunikator kenyataannya sama makna dengan pemahaman orang yang diajak bicara tadi. Akan tetapi komunikasi bisa menjadi tidak efektif apabila pesan yang diinginkan komunikator tidak semakna dengan pemahaman komunikan atau tidak bisa dipahami oleh penerima pesan. 


Pesan harus dimaknai dan dipahami bersama antara penyampai dan penerima, karena dengan memahami makna yang sama terhadap suatu pesan, tindakan yang diharapkan terhadap efek komunikasi menjadi sama. Perbedaan makna pesan atau persepsi akan menghasilkan salah menafsirkan maksud pesan yang disampaikan (misinterpretasion), yang akan berakibat misunderstanding (ketidakpahaman), hasilnya akan misaction (salah tindakan).


Itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud atau pengertian dari komunikasi efektif. Semoga artikel ini bisa dipahami juga dengan mudah oleh kalian yang membaca tulisan ini, Terimakasih.


Related:

Pengertian komunikasi efektif

apa yang dimaksud komunikasi efektif 

pengertian komunikasi efektif 

Jelaskan pengertian komunikasi efektif

Komunikasi efektif adalah ?


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak